Tuesday, November 22, 2005

Maag (Gerah Blodhot)

Memang wadah manusia nyang seringkali menjadi sumber penyakit adalah lambung. Dosen Farmakologi Simbah menyebut organ nyang satu ini dengan sebutan "wadhuk". Sedangkan bahasa kasarannya adalah blodhot. Segala macem penyakit bisa bersumber dari hawa nafsu sang wadhuk nyang tidak terkendali. Mulai dari kolesterol, asam urat, diabetes, maag, hipertensi dlsb, bisa dipicu ataupun diperparah karena nuruti nepsu wadah nyang kalo dijereng jadi mirip handuk ini.
nYang sering diderita masyarakat dari keluhan lambung ini adalah penyakit Maag. Penyakit nyang satu ini sebenarnya sederhana saja. Munculnya penyakit maag, awalnya disebabkan karena adanya penumpukan asam lambung yang berlebihan. Kok bisa numpuk?
Lha ini.... beberapa sebab bisa ditelusur. Misalnya karena mengkonsumsi makanan yang bersifat asam, macam makanan pedes (lombok dan sedulurnya), makanan kecut (buah-buahan mentah atau nyang masih muda, cuka, acar dsb). Bisa juga dipicu karena makan yang tidak teratur, telat makan, sehingga asam lambung sudah numpuk tapi gak ada yang dicerna.
Faktor lainnya yang mendukung menumpuknya asam lambung ada beberapa, seperti ngopi, ngombe minuman beralkohol (Ciu, arak, lahang, KTI/Ketan Ireng, vodka, whiski, ....dan lainnya), stress, dan bisa juga karena bakteri kuman.
Karena ini asam, ciri khasnya ya terasa pedih di lambung. Karena letak lambung itu di tengah agak ke kiri atas (daerah ulu hati), maka biasanya perihnya ya disitu. Walopun nyang namanya nyeri itu bisa merembet kemana-mana. Jadi bisa juga nyeri di area perut yang lain.
Karena asam lambung ini juga, biasanya mulut penderita rasane rodo pahit tur asem. Neg, mual, kalo mukok2 (muntah) rasane kuecut puooolll....warnanya ijo kekuningan nggilani. Kalo asam lambungnya berlebih, bisa bikin beol terasa pedes di dubur bin silit. Bubar diceboki mingsih terasa panas-panas semu pedes di dubur. Jiiaaaan ra penak blasss.
TOMBO
Biasannya kalo nyang gak parah cukup dikurangi keasaman lambung nya pake oknum nyang namanya Antasid. Merk Antasid macem2, misal Promag, Mylanta (jangan kliru miayam), Triocid dan sedulur serta bolonya. Antasid ini Basa, jadi bisa ngurangi nyang asem2. Tapi jangan asal tenggak, mules dikit glenggeng, perih dikit untal.... wah ati-ati. Tubuh kita tu punya mekanisme keseimbangan. Kalo wadhuknya di bom ama Antasid terus akhirnya dibaca oleh tubuh kalo wadhuknya kurang asem (bukan merek mut-mutan lho). Lha kalo dianggep kurang asem, wadhuk akan meningkatkan produksi asem lambung. Yo wis... akhirul kalam lama-lama Antasid gak mempan lagi. Mulane jangan dupeh obate legi semriwing trus asal ngemplok ae. Konco dolane Antasid ada juga, yakni obat-obatan yang mengurangi produksi asam lambung. Misalnya Simetidin, Ranitidin.... tapi jangan salah ama Konidin.. gak nyambung blass. Kalo maag karena bakteri, ya dikasih antibiotik.
PANTANGAN
Ya kalo sudah kena maag, mbok yao jangan ngrujak pelem nom dengan cabe Madura sak caruk. Bisa tambah mangsur-mangsur nantinya. Jangan beralasan sambelnya gak pedhes, nyang gak pedhes lak lambemu .... wadhukmu khan iso wae kepedesen. Trus hobi ngopinya jangan diumbar. Kalo kembung jangan lantas nenggak minuman bersoda macem Seprit, Panta atau Kola... Ini wong ra mudengan. Lha dikiranya kalo udah glegeken wal antob (sendawa) sambil bunyi oooooiiigghhh...iwak....... trus dikiranya anginnya keluar semua lalu ilang kembungnya... Wooo diapusi bakul jamu. Lha angin nyang keluar itu kan gas yang barusan dia telan bersama minuman bersoda itu... Ududnya jangan klepas-klepus aja... nyepur terus... kalo blodhotnya udah korengan tahu rasa. Yang hobby nyusu (minum susu mangsudnya) ya agak dikurangi dulu. Lantas juga jangan telat makan, biasanya nyang kayak gini poro kenyo (wong wadon). Niatnya diet, gak mau sarapan, makan cuma sak cuwil... ya sudah, lambung jadi korban. Banyak yang gak mudeng cara diet. Siangnya ngampet makan, tapi malem nyegat mie dog-dog sama nasi goreng, ...ya muspro..sia-sia semua. Juga nyang terpenting... jangan minum minuman beralkohol. selain ngracuni lambung juga ngracuni liver, otak, darah, dan keluarga. Ojo mabuk bae lah.... Ini sekelumit ocehan simbah, kalo ada nyang gak jelas jangan isin tanya. Kalo isinan, nanti malah ngisin-isini, .... meskipun mending daripada ra nduwe isin.

4 Comments:

At 2:26 PM, November 26, 2005, Anonymous koeaing! said...

mbah, ik orang batja di itoe kompas, bahwasanjah...toeka lamboeng alijas maag inih penjebabnjah soeda hakoel jakiin sekarasng adala bakteri....penemoenjah dikandidatkeun sebahagai pemenang nobel kesehatan itoe poen....

 
At 2:41 PM, November 26, 2005, Blogger Mbah Dr. Dipo said...

Toeka lamboeng itoe tiadalah sama dengeun ini maag. Namoen djikalaoe maag ini berlandjoet dan tiadalah menghoeboengi dokter, bisa mendjadi toeka lamboeng. Toeka = ulcus = koreng, jadi toeka lamboeng itoe koreng jang ada di lamboeng. Sedangkan maag ini beloem temtoe ada korengnjah. Walaoe pigimanapoen Simbah hatoerkeun terimakasi atas informatienjah.....

Warm Regards

 
At 5:21 AM, September 26, 2008, Anonymous Anonymous said...

sip. .
untk menghadapi bulan romadhon. .
repot kalo harus mag segala. .
baru adja perutq cenut-cenut. .
thankz mbah. .

 
At 7:47 PM, March 02, 2015, Blogger dagangku said...

Lowongan | Magang | kerja | perusahaan jepang |gaji |15-25 juta/Bulan
Lowongan | Magang Jepang | Non IMM | Terbaru
Lowongan|Kerja|Magang ke Jepang|Gratis
Seleksi|Magang Jepang|Depnakertrans|IMM
Loker|SMA|SMK
Lowongan|SMK|Terbaru
Jual|Properti|Murah
Foto|Video Shooting|Wedding|jakarta
Jasa|Fotografer|Wedding|Jakarta
japanese|Intership|program
Jual|Modem|murah|harga|distributor
Lowongan|Beasiswa|Magang|Kerja|Luar negri|ke jepang
Dagangku.com|Penjualan|Magang Jepang|Video Shooting


Enggris

Job|Internship|salaries|Japanese|companies|working| 15-25 million / month
Japan|Internship|Non IMM
Jobs|in Japan| Free
Japan|Internship|Department| of labor

 

Post a Comment

<< Home