Friday, December 02, 2005

Ambeien bin Wasir

Ambeien itu punya beberapa alias. Jagad medis nyebut "Hemorhoid", orang awam nyebut Wasir, bukan Wazir. Penyakit nyang satu ini memang bisa mengganggu sekali, dan banyak mitos tentang penyakit ini. Ada nyang bilang ini penyakit akibat banyak duduk, sehingga sang dubur jadi error. Ada nyang bilang akibat banyak makan pedes. Nah, kalo nuruti mitos biasanya nyang aneh2 nyang muncul.
Penyakit ini sebenarnya adalah pembuluh darah di dubur nyang melebar ataupun membengkak. Kok bisa melebar dan membengkak itu sebabnya apa? Pertama bisa karena gangguan pembuluh balik hati (Vena ... anakmu ada nyang dinamai ini gak?). Kedua karena gangguan BAB (buang air besar). Kok BAB gegelen wal sembelit kok bisa mbikin wasir?
Ya bisa aja tho. Kalo BAB ngadat, mesti nyang empunya silit akan ngeden sekuat tenaga. Nyang penting sang jabang tahi bisa mbrojol keluar. Nah goro-goro kerep ngeden dengan susah payah inilah, mbak Vena sekitar dubur tadi akan menjadi modhot dan melar. Kalo modhotnya thitik gak masalah. tapi kalo modhot sampai mbedhodhot, nah ini mbikin masalah. Sang jabang tahi yang dengen susah payah dieden biar brojol tadi akan nggesek si mbak Vena tadi. Kalo jabang tahinya lama keluar dan mengeras, bisa menyebabkan luka. Nah, inilah nyang menyebabkan BAB jadi peristiwa berdarah nyang mengejutkan... The Bloody Ninja (Ngising Berdarah).
Kalo modhotnya mbak vena ini keterusan, nah didubur tadi akan muncul daging nyang kewer-kewer kalo habis BAB. Meskipun pating klewer, tapi pada stadium awal mingsih bisa dimasukken lagi ke dubur. Tapi kalo mangkin tambah parah, ya kewer-kewer forever. Risinya itu kalo buat jalan... ngganjel.
TOMBO
Kalo mingsih awal, mingsih bisa diobati. Tapi kalo sudah kewer-kewer, ya mau nggak mau dioperasi. Makanya kalo masih tahap awal usahakan jangan sampai jadi lebih parah. Tahap awal cukup diberi anti perdarahan, biar gak mancur terus darahnya. Ada juga obat nyang cara makenya diselipkan di dubur, agar reaksinya cepat terasa. Nah makanya, kalo dikasih obat sama jurutombo itu nanya dulu, ini obat diunthal apa dioles apa disisipne dubur atau vagina? Harus jelas.
Jangan sampai obat sisip dubur kok diombe lho. Trus obat minum didlesepne dubur... wah salah panggonan.
PENCEGAHAN
Prinsipnya gimana caranya agar BAB jangan banyak ngadat. Ya usahakan tiap hari bisa BAB. BAB normal tuh antara 3 kali sehari nyampe 3 hari sekali. Lha biar lancar gimana? Bisa ditempuh banyak cara. Contohnya : makan cukup serat. Makanan nyang cukup serat itu misalnya buah dan sayur, ager-ager, jelly dll. Serat inilah nyang mbantu jalannya makanan di dalam usus sehingga saat jadi tinja gak ngadat jalannya.
Kalo memang gangguannya parah, bisa dibantu dengan pencahar macem si Dul (Dulcolax, Mikrolax, Laxadin dlsb), jangan pake Mi Kolak.. ra matching. Pencahar alami bisa dengan makan pepaya. Ini lumayan mbantu pencernaan. Mangkanya kalo perut diare jangan dikasih pepaya, bisa tambah bancar mbenjretnya.
Jadi ya Simbah pesen, makan sayur dan buah nyang banyak. Jangan makan Junk Food melulu. Janganlah pencernaan kita ini dikotori dengan makanan sampah. Makan nyang halal biar berkah. Kalo masih tega makan hasil korupsi Simbah doakan makanannya jadi penyakit semua. Jadi usus buntu, wasir, mencret, kanker usus, kanker dubur, sakit liver dan lain-lain. Amiin.
Makan itu ada 3 tingkat. Pertama : Mencukupi. Kedua : Memadai. Ketiga : Mubadzir. Tingkat mencukupi sekadar penegak tulang punggung biar bisa aktifitas. Memadai, selain penegak tulang punggung, juga tercukupi komposisi gizinya. Sedangkan tingkatan Mubadzir, itu berlebihan. Ini sodaranya setan. Jadi kalo sampe makanan numpuk jadi lemak, itu setannya banyak. Sarang penyakit itu. Makanya orang nyang badannya mbedah sampe sempaknya aja bisa buat selimut, itu biasanya banyak keluhan penyakitnya.
Nah mangkanya makan nyang bener ya.

5 Comments:

At 9:25 AM, December 03, 2005, Anonymous AndyBr said...

Waduh maturnuwun inggih mbah....mboten rugi niki keng wayah sabendino nge-vote ambeien ben simbahe nulis ambeien.... ketoke wayah niki kok sampun wonten gejalanipun.... lha padahal yen sabendinten lak sampun nguntal ager-ager sak loyang kaliyan kates (manuk thilang wae mblenger) .... ning kok inggih mekso isih pedes lho....

 
At 11:27 AM, December 03, 2005, Blogger Mbah Dr. Dipo said...

Wah, sesambetan kaliyan dalan wingking kraos pedhes meniko mbok menawi sanes gejala ambeien. Saget kemawon meniko saking asam lambung ingkang sampun numpuk2 ngantos mbucal kemawon raosipun pedes wonten "she late".
Saeinpun nggih dipun sudo dahar pedes, ngopi lan sapanunggalanipun, kados ingkang sampun Simbah wedar wonten Serat "Gerah Blodhot". Mugi-mugi tansah waras lan sumringah kemawon, mboten wonten alangan punopo2. Mbucal nggih mboten wonten alangan.
Nuwun.

 
At 11:43 AM, December 03, 2005, Anonymous andybr said...

lha rodo mlenthung jhe mbah.....
yen sampun kebanjur nopo saged dikempesi to mbah, ning mboten sah di ngangge oprasi diodhol-odhol... mboten wani mbyangke kulo... lhawong diiris kon nggon 'sisil' (driji kepiris wae pringisan jhe) gek mengko mbuwang uwuhe piyee....

 
At 11:55 AM, December 03, 2005, Blogger Mbah Dr. Dipo said...

Ooo... nggih manawi makaten namung saged direm supados mboten nambah grade ipun. Manawi grade 3 ngantos 4 meniko namung saged operasi. Tapi manawi kados panjenengan ndalem puniko cekap obat kemawon. Sukur2 purun dipun suntik "Sclerosing Agent". Suntikan ingkang saged damel mengkeretipun sang "plentungan". Tapi nggih lumayan radi ngrogoh kantong reginipun. Jakarta mriki mbok manawi wonten obatipun. Nuwun sewu Simbah dereng nate surpey. Mireng2 wonten RS Cipto wonten kok.
Nuwun.

 
At 4:16 PM, December 06, 2005, Anonymous koeaing! said...

lha dalah....kowe orang poenja ambeien boeng ? di sebla ik poenja kawan inih djoega terkena itoe, dia orang pigi ke tabib choesoes wazir itoe poen, dikasi salep iang harganja sangat menjesekken kita orang poenja dhadha.....aken tapi langsoeng semboeh dia itoe poen....

 

Post a Comment

<< Home