Tuesday, December 06, 2005

Pusing apa sakit Kepala?

Di dalam praktek sehari-hari, Simbah seringkali harus agak detil menanyai (anamnesis) kepada pasien. Kalo tidak begitu takutnya bisa salah obat. Nyang seringkali Simbah detilkan di dalam interogasi adalah kalo si pasien mertombo dengan keluhan "Pusing". Soalnya si Pasien belum temtu paham dengan keluhan nyang dia keluhkan itu.
Mangkanya Simbah biasanya nanyak ulang...."Le.. gundhulmu itu Pusing apa sakit kepala?"..... Biasanya sang pasien jadi heran, dan malah menunjukkan wajah bertanya... bedane apa ya? Kalo pasien njawab.. "Lho mbah, kan sama saja tho mbah".... ini berarti memang ra mudengan cah iki.
Pembaca pun mumkin punya pikiran nyang sama. Padahal antara pusing dengan sakit kepala itu ibaratnya "doh kono doh kene". Kalo di negeri JIRAN, nyang namanya pusing itu berkeliling atau muter-muter. Jadi kalo berkeliling muter-muter kota itu bisa dikatakan berpusing-pusing di kota. Sehingga keluhan pusing itu diajukan jikalau pasien menderita sensasi muter, nggliyer, ngliyeng, serasa dunia jumpalitan. Penyakit nyang rasanya kayak begituan biasanya diderita oleh pasien Vertigo. Muter, nggliyer, rasanya kayak naik kapal dengan ombak naik turun 4 meter. Biasanya juga disertai muntah dan keluar keringat dingin. Obatnya ini lain dengan sakit kepala. Kalo Vertigo ini diberi obat sakit kepala ya gak ngaruh lah..... kayak flu diberi obat cacing.
Kalo nyang namanya "sakit kepala", itu musti ada sakitnya, atau rasa nyerinya. Entah nyerinya terus menerus, nyut-nyutan, ilang timbul... gak masalah.. nyang jelas ada nyeri. Obatnyanya pun beda dengan pusing.
Jadi mulai sekarang kalo Mertombo, jelaskan penyakitnya kepada dokter dengan benar, biar tidak salah obat. Kalo dengan penjelasan gamblang diatas kok malah pusing, sehingga makin pusing mbedakan antara sakit kepala dan pusing, ya sudah... Simbah juga jadi pusing. Kalo gak pusing.. pentelengin aja tuh gambar nyang Simbah pasang itu dari jarak 50 cm dari layar monitor.. gerakkan mata, bolanya akan berputar... dan pusiiiiiiing......

0 Comments:

Post a Comment

<< Home